Tuesday, 24 March 2015
Tuesday, 10 March 2015
#LastDay WRC Rally Mexico 2015: Siapa lagi kalo bukan Ogier??
Halo..!
Sorry ane mem-posting artikel ini sedikit terlambat karena tugas kuliah yang numpuk. Oke, langsung saja:
3 OUT OF 3. Sejauh ini belum ada yang bisa runtuhkan dominasi Sebastien Ogier di musim ini. Ditambah dengan 2 kemenangan power stage membuatnya aman di peringkat pertama di klasemen dengan 81 poin, unggul 34 poin dari rekannya, Andreas Mikkelsen.
Ogier pun berkata "Saya pikir kami patut bangga. Tim melakukan pekerjaan yang luar biasa akhir minggu ini. Tidak ada yang bisa lebih baik dari ini."
Sementara itu di kubu Citroen sedang berpesta. Mads Ostberg finish kedua setelah menundukkan kompatriotnya, Mikkelsen dengan selisih 6.3 detik. "Reli yang sangat baik. Saya senang bisa mengakhirinya dengan hasil yang bagus setelah bertarung sepanjang weekend, dengan diriku sendiri juga..!" Kata Ostberg. Elfyn Evans membawa Ford Fiesta WRC-nya ke posisi 4, raihan terbaiknya sepanjang karirnya meskipun masih kekurangan pengalaman, dan Dani Sordo finish kelima. Patut diapresiasikan mengingat cedera bahunya dan masalah dengan girboks Hyundai i20 WRC-nya dan juga pecah ban. NICE.
Martin Prokop menjadi satu-satunya pembalap privat yang masuk di 10 besar, di posisi 6, dan melengkapi 10 besar untuk mobil kelas WRC adalah Thierry Neuville, yang finish ke-8 setelah kecelakaan di SS8. Sisanya? 3 mobil kelas WRC-2, diawali dengan Nasser Al-Attiyah, yang memenangi kategori yang diisi mobil S2000, RRC, dan R5 tersebut, dengan posisi ketujuh secara kesuluruhan, diikuti oleh Nicolas Fuchs, terpaut 8 menit dan Jari Ketomaa, yang masih nyaman di puncak klasemen WRC-2. Semuanya mengendarai Ford Fiesta, dengan Al-Attiyah mengandalkan versi RRC (down-spec dari versi WRC), dan Fuchs dengan Ketomaa dengan spek R5 (dasar mobil produksi umum Fiesta ST).
Sedangkan itu ada 5 mobil WRC yang pulang dengan tangan kosong.
2015 Rally Mexico: Overall standings after Stage 21 (Top 20):
1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 4h 19m 13.4s M
2. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +1m 18.8s M
3. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +1m 25.1s
4. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +3m 40.2s M
5. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +5m 01.8s M
6. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +6m 36.1s M
7. Nasser Al-Attiyah Ford Fiesta RRC +14m 52.7s WRC2
8. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +22m 43.3s M
9. Nicolas Fuchs Ford Fiesta R5 +22m 49.0s WRC2
10. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +23m 10.2s WRC2
11. Abdulaziz Al-Kuwari Ford Fiesta RRC +23m 44.8s WRC2
12. Benito Guerra Jr. Ford Fiesta RS WRC +26m 56.3s
13. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +33m 30.8s WRC2
14. Massimiliano Rendina Mitsubishi Lancer Evo X +38m 06.5s WRC2
15. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +48m 48.6s M
16. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +51m 50.3s M
17. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC +54m 20.5s M
18. Robert Kubica RK WRT Ford Fiesta RS WRC +56m 43.6s M
19. Jourdan Serderidis Citroen DS3 R5 +58m 08.4s WRC2
20. Jorge Gonzalez Mitsubishi Lancer Evo IX +1h 20m 20.7s
Other(s):
22. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +1h 54m 50.0s M
Rally Mexico: Power Stage / SS21 (Top 3):
1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 6m 50.5s M
2. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +5.6s M
3. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +5.8s M
NOTE: Top three finishers in Power Stage are awarded bonus points. 1st = 3 points; 2nd = 2 points; 3rd = 1 point
WRC2 standings after Stage 21:
1. Nasser Al-Attiyah Ford Fiesta RRC 4h 34m 06.1s WRC2
2. Nicolas Fuchs Ford Fiesta R5 +7m 56.3s WRC2
3. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +8m 17.5s WRC2
4. Abdulaziz Al-Kuwari Ford Fiesta RRC +8m 52.1s WRC2
5. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +18m 38.1s WRC2
6. Massimiliano Rendina Mitsubishi Lancer Evo X +24m 00.2s WRC2
7. Jourdan Serderidis Citroen DS3 R5 +43m 15.7s WRC2
Notable retirements:
SS3. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Went off M*
SS4. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC Went off M*
SS4. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC Suspension damage M*
SS4. Robert Kubica RK WRT Ford Fiesta RS WRC Stopped M*
SS8. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC Rolled M*
SS8. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Stopped M*
SS8/9. Benito Guerra Jr. Ford Fiesta RS WRC Stopped*
SS10/11. Radik Shaymiev Ford Fiesta R5 Unknown WRC2
SS11. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Retired before test M**
SS12. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Stopped M**
SS12. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC Lost a wheel M**
SS16. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC Engine WRC2**
SS16. Stephane Lefebvre Citroen DS3 R5 Accident WRC2
SS17. Valeriy Gorban Mini Cooper S2000 1.6T Lost a wheel WRC2
SS19. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Crashed M
SS21. Simone Tempestini Subaru Impreza STi Retired WRC2
*denotes re-started under Rally 2 on Saturday
**denotes re-started under Rally 2 on Sunday
M denotes Manufacturer entry
Sumber: crash.net dan Twitter
Sorry ane mem-posting artikel ini sedikit terlambat karena tugas kuliah yang numpuk. Oke, langsung saja:
Mau ngalahin Ogier?? |
Ogier pun berkata "Saya pikir kami patut bangga. Tim melakukan pekerjaan yang luar biasa akhir minggu ini. Tidak ada yang bisa lebih baik dari ini."
Sedikit bantuan untuk Dani. |
Sementara itu di kubu Citroen sedang berpesta. Mads Ostberg finish kedua setelah menundukkan kompatriotnya, Mikkelsen dengan selisih 6.3 detik. "Reli yang sangat baik. Saya senang bisa mengakhirinya dengan hasil yang bagus setelah bertarung sepanjang weekend, dengan diriku sendiri juga..!" Kata Ostberg. Elfyn Evans membawa Ford Fiesta WRC-nya ke posisi 4, raihan terbaiknya sepanjang karirnya meskipun masih kekurangan pengalaman, dan Dani Sordo finish kelima. Patut diapresiasikan mengingat cedera bahunya dan masalah dengan girboks Hyundai i20 WRC-nya dan juga pecah ban. NICE.
Martin Prokop menjadi satu-satunya pembalap privat yang masuk di 10 besar, di posisi 6, dan melengkapi 10 besar untuk mobil kelas WRC adalah Thierry Neuville, yang finish ke-8 setelah kecelakaan di SS8. Sisanya? 3 mobil kelas WRC-2, diawali dengan Nasser Al-Attiyah, yang memenangi kategori yang diisi mobil S2000, RRC, dan R5 tersebut, dengan posisi ketujuh secara kesuluruhan, diikuti oleh Nicolas Fuchs, terpaut 8 menit dan Jari Ketomaa, yang masih nyaman di puncak klasemen WRC-2. Semuanya mengendarai Ford Fiesta, dengan Al-Attiyah mengandalkan versi RRC (down-spec dari versi WRC), dan Fuchs dengan Ketomaa dengan spek R5 (dasar mobil produksi umum Fiesta ST).
Setidaknya #TiTanak menyelesaikan reli |
Sedangkan itu ada 5 mobil WRC yang pulang dengan tangan kosong.
- Benito Guerra menyelesaikan relinya di posisi 12, di tanah kelahirannya.
- Jari-Matti Latvala mengakhiri relinya dengan kekecewaan setelah merusaki suspensinya di SS12. Dia finish ke-15
- Kris Meeke P16 setelah kecelakaan di SS4
- Begitu juga dengan Hayden Paddon dan Robert Kubica. Mereka menempati posisi 17 dan 18
- Ott Tanak menyelesaikan reli yang akan selalu dikenangnya dengan finish ke-22, setelah nyemplung ke danau di SS3 dan mobil mogok sebelum hari ketiga. #respect
- Lorenzo Berteli menjadi satu-satunya pembalap yang gagal menyelesaikan reli setelah 2 kali re-start dan gagal finish di hari terakhir
2015 Rally Mexico: Overall standings after Stage 21 (Top 20):
1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 4h 19m 13.4s M
2. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +1m 18.8s M
3. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +1m 25.1s
4. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +3m 40.2s M
5. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +5m 01.8s M
6. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +6m 36.1s M
7. Nasser Al-Attiyah Ford Fiesta RRC +14m 52.7s WRC2
8. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +22m 43.3s M
9. Nicolas Fuchs Ford Fiesta R5 +22m 49.0s WRC2
10. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +23m 10.2s WRC2
11. Abdulaziz Al-Kuwari Ford Fiesta RRC +23m 44.8s WRC2
12. Benito Guerra Jr. Ford Fiesta RS WRC +26m 56.3s
13. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +33m 30.8s WRC2
14. Massimiliano Rendina Mitsubishi Lancer Evo X +38m 06.5s WRC2
15. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +48m 48.6s M
16. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +51m 50.3s M
17. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC +54m 20.5s M
18. Robert Kubica RK WRT Ford Fiesta RS WRC +56m 43.6s M
19. Jourdan Serderidis Citroen DS3 R5 +58m 08.4s WRC2
20. Jorge Gonzalez Mitsubishi Lancer Evo IX +1h 20m 20.7s
Other(s):
22. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +1h 54m 50.0s M
Rally Mexico: Power Stage / SS21 (Top 3):
1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 6m 50.5s M
2. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +5.6s M
3. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +5.8s M
NOTE: Top three finishers in Power Stage are awarded bonus points. 1st = 3 points; 2nd = 2 points; 3rd = 1 point
WRC2 standings after Stage 21:
1. Nasser Al-Attiyah Ford Fiesta RRC 4h 34m 06.1s WRC2
2. Nicolas Fuchs Ford Fiesta R5 +7m 56.3s WRC2
3. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +8m 17.5s WRC2
4. Abdulaziz Al-Kuwari Ford Fiesta RRC +8m 52.1s WRC2
5. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +18m 38.1s WRC2
6. Massimiliano Rendina Mitsubishi Lancer Evo X +24m 00.2s WRC2
7. Jourdan Serderidis Citroen DS3 R5 +43m 15.7s WRC2
Notable retirements:
SS3. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Went off M*
SS4. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC Went off M*
SS4. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC Suspension damage M*
SS4. Robert Kubica RK WRT Ford Fiesta RS WRC Stopped M*
SS8. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC Rolled M*
SS8. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Stopped M*
SS8/9. Benito Guerra Jr. Ford Fiesta RS WRC Stopped*
SS10/11. Radik Shaymiev Ford Fiesta R5 Unknown WRC2
SS11. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Retired before test M**
SS12. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Stopped M**
SS12. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC Lost a wheel M**
SS16. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC Engine WRC2**
SS16. Stephane Lefebvre Citroen DS3 R5 Accident WRC2
SS17. Valeriy Gorban Mini Cooper S2000 1.6T Lost a wheel WRC2
SS19. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Crashed M
SS21. Simone Tempestini Subaru Impreza STi Retired WRC2
*denotes re-started under Rally 2 on Saturday
**denotes re-started under Rally 2 on Sunday
M denotes Manufacturer entry
Sumber: crash.net dan Twitter
Sunday, 8 March 2015
#day3 Rally Mexico 2015: zzzzzzzzz......LATVALA.....OUT
Halo...zz........!!
Setelah hari pertama dan kedua Rally Meksiko 2015 berlangsung dramatis, kali ini..ehm...sedikit dramatis, tapi tetap berefek signifikan di klasemen nantinya. Ini alasannya:
Seperti biasa, Sebastien Ogier belum tergoyahkan dari posisi pertama bahkan sejak Monte Carlo 2 bulan lalu, tapi justru rekannya, Jari-Matti Latvala lah yang kena sial di SS12, setelah menghantam batu dan merusaki suspensi belakang-kirinya membuat kansnya untuk juara dunia musim ini semakin kecil. Entah kenapa, banyak sekali pembalap yang kena "kutukan" Meksiko, tapi Ogier sepertinya kebal sama kutukan itu.
Alhasil, Mads Ostberg naik ke posisi 2, dikuntit oleh kompatriotnya Andreas Mikkelsen. Elfyn Evans dengan nyamannya ada di P4, sementara itu Dani Sordo sejauh ini tampil hebat meskipun masih merasakan sakit di bahunya, dengan memenangi SS13, tapi terpaksa nyerah dari Evans setelah mengalami pecah ban 2 SS setelah itu. Martin Prokop melengkapi deretam mobil WRC di 10 besar dengan posisi 6.
4 tempat tersisa dikuasai oleh pembalap WRC-2. Yuriy Protasov sempat memimpin sebelum mesinnya menyerah di SS16, memberikan jalan kepada Raja Dakar, Nasser Al-Attiyah yang dengan nyamannya unggul 7 menit dari Nicolas Fuchs dan Jari Ketomaa, dan Abdulaziz Al-Kuwari melengkapi 10 besar, meskipun harus waspada dengan Thierry Neuville yang sudah mendekatinya, dan jagoan lokal Benito Guerra di posisi 12.
3 pembalap yang terusir dari hari pertama yaitu Kris Meeke, Robert Kubica dan Hayden Paddon masih berjuang untuk setidaknya keluar dari 20 besar. Kubica sempat memenangi SS14 (3 reli berturut-turut Kubica mampu memenangi setidaknya 1 SS), tapi 2 kali pecah ban di SS16 dan SS17 lagi-lagi menyudutkannya. Setidaknya masih beruntung.
Menemani Latvala di Rally-2 hari terakhir ada Ott Tanak. Meskipun mobilnya berhasil diperbaiki setelah berendam di danau selama 9 jam, malfungsi di sensor mesin membuatnya tidak mampu menjalani 1 SS pun hari ini.
2015 Rally Mexico: Overall standings after Stage 18 (Top 10):
1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 3h 33m 27.4s M
2. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +1m 15.2s M
3. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +1m 19.7s M
4. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +2m 28.6s M
5. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +4m 10.6s M
6. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +4m 39.6s M
7. Nasser Al-Attiyah Ford Fiesta RRC +10m 43.9s WRC2
8. Nicolas Fuchs Ford Fiesta R5 +18m 34.5s WRC2
9. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +19m 39.5s WRC2
10. Abdulaziz Al-Kuwari Ford Fiesta RRC +19m 49.1s WRC2
Other(s):
11. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +22m 23.8s M
12. Benito Guerra Jr. Ford Fiesta RS WRC +24m 30.2s
13. Simone Tempestini Subaru Impreza STi +27m 31.6s WRC2
WRC2 standings after Stage 18 (Top 3):
1. Nasser Al-Attiyah Ford Fiesta RRC 3h 44m 11.3s WRC2
2. Nicolas Fuchs Ford Fiesta R5 +7m 50.6s WRC2
3. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +8m 55.6s WRC2
Notable retirements:
SS3. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Went off M*
SS4. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC Went off M*
SS4. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC Suspension damage M*
SS4. Robert Kubica RK WRT Ford Fiesta RS WRC Stopped M*
SS8. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC Rolled M*
SS8. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Stopped M*
SS8/9. Benito Guerra Jr. Ford Fiesta RS WRC Stopped*
SS11. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Retired before test M*
SS12. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Stopped M
SS12. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC Lost a wheel M**
SS16. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC Engine WRC2
*denotes re-started under Rally 2 on Saturday
**denotes will re-start under Rally 2 on Sunday
M denotes Manufacturer entry
Setelah hari pertama dan kedua Rally Meksiko 2015 berlangsung dramatis, kali ini..ehm...sedikit dramatis, tapi tetap berefek signifikan di klasemen nantinya. Ini alasannya:
Seperti biasa, Sebastien Ogier belum tergoyahkan dari posisi pertama bahkan sejak Monte Carlo 2 bulan lalu, tapi justru rekannya, Jari-Matti Latvala lah yang kena sial di SS12, setelah menghantam batu dan merusaki suspensi belakang-kirinya membuat kansnya untuk juara dunia musim ini semakin kecil. Entah kenapa, banyak sekali pembalap yang kena "kutukan" Meksiko, tapi Ogier sepertinya kebal sama kutukan itu.
Alhasil, Mads Ostberg naik ke posisi 2, dikuntit oleh kompatriotnya Andreas Mikkelsen. Elfyn Evans dengan nyamannya ada di P4, sementara itu Dani Sordo sejauh ini tampil hebat meskipun masih merasakan sakit di bahunya, dengan memenangi SS13, tapi terpaksa nyerah dari Evans setelah mengalami pecah ban 2 SS setelah itu. Martin Prokop melengkapi deretam mobil WRC di 10 besar dengan posisi 6.
4 tempat tersisa dikuasai oleh pembalap WRC-2. Yuriy Protasov sempat memimpin sebelum mesinnya menyerah di SS16, memberikan jalan kepada Raja Dakar, Nasser Al-Attiyah yang dengan nyamannya unggul 7 menit dari Nicolas Fuchs dan Jari Ketomaa, dan Abdulaziz Al-Kuwari melengkapi 10 besar, meskipun harus waspada dengan Thierry Neuville yang sudah mendekatinya, dan jagoan lokal Benito Guerra di posisi 12.
3 pembalap yang terusir dari hari pertama yaitu Kris Meeke, Robert Kubica dan Hayden Paddon masih berjuang untuk setidaknya keluar dari 20 besar. Kubica sempat memenangi SS14 (3 reli berturut-turut Kubica mampu memenangi setidaknya 1 SS), tapi 2 kali pecah ban di SS16 dan SS17 lagi-lagi menyudutkannya. Setidaknya masih beruntung.
Menemani Latvala di Rally-2 hari terakhir ada Ott Tanak. Meskipun mobilnya berhasil diperbaiki setelah berendam di danau selama 9 jam, malfungsi di sensor mesin membuatnya tidak mampu menjalani 1 SS pun hari ini.
2015 Rally Mexico: Overall standings after Stage 18 (Top 10):
1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 3h 33m 27.4s M
2. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +1m 15.2s M
3. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +1m 19.7s M
4. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +2m 28.6s M
5. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +4m 10.6s M
6. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +4m 39.6s M
7. Nasser Al-Attiyah Ford Fiesta RRC +10m 43.9s WRC2
8. Nicolas Fuchs Ford Fiesta R5 +18m 34.5s WRC2
9. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +19m 39.5s WRC2
10. Abdulaziz Al-Kuwari Ford Fiesta RRC +19m 49.1s WRC2
Other(s):
11. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +22m 23.8s M
12. Benito Guerra Jr. Ford Fiesta RS WRC +24m 30.2s
13. Simone Tempestini Subaru Impreza STi +27m 31.6s WRC2
WRC2 standings after Stage 18 (Top 3):
1. Nasser Al-Attiyah Ford Fiesta RRC 3h 44m 11.3s WRC2
2. Nicolas Fuchs Ford Fiesta R5 +7m 50.6s WRC2
3. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +8m 55.6s WRC2
Notable retirements:
SS3. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Went off M*
SS4. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC Went off M*
SS4. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC Suspension damage M*
SS4. Robert Kubica RK WRT Ford Fiesta RS WRC Stopped M*
SS8. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC Rolled M*
SS8. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Stopped M*
SS8/9. Benito Guerra Jr. Ford Fiesta RS WRC Stopped*
SS11. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Retired before test M*
SS12. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Stopped M
SS12. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC Lost a wheel M**
SS16. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC Engine WRC2
*denotes re-started under Rally 2 on Saturday
**denotes will re-start under Rally 2 on Sunday
M denotes Manufacturer entry
Saturday, 7 March 2015
#day1 (and 2) WRC Rally Mexico 2015: KABOOOORRRR....
Halo...!
Hari pertama...ehm, dengan hari kedua Reli Meksiko baru saja selesai tadi pagi, bisa dibilang banyak sekali aksi (dan 1 momen mendebarkan) yang terjadi. Apa saja itu? Ini dia:
2 SS pertama di malam hari berlangsung dengan normal, SS3, SS gravel pertama, adalah tempat dimana semuanya menjadi serba salah. Itu semua dimulai dengan Ott #TiTanak terjun bebas ke danau di SS3, menyebabkan chaos di seisi paddock. Untungnya, Tanak dan navigator Raigo Molder OK, tapi baru 10 jam kemudian Ford Fiesta WRC-nya dikeluarkan dari genangan air dan untungnya, mobilnya dapat diperbaiki dan siap untuk beraksi lagi lewat regulasi Rally-2. (Kronologi Foto-fotonya akan menyusul).
SS4 di El Chocolate, dan kali ini memakan 3 "korban" sekaligus, yaitu Kris Meeke, Hayden Paddon, dan...ya, kamu tahu lah siapa, Robert Kubica. Penyebabnya?
Di sisi lain, Sebastien Ogier kabur dan memimpin dengan selisih 13.5 detik dari rekannya Jari-Matti Latvala, yang cukup beruntung meraih posisi kedua setelah Neuville kandas. Mads Ostberg menjaga kans Citroen untuk podium pertama musim ini, dikuntit oleh Andreas Mikkelsen. Rekan setim Tanak, Elfyn Evans masih bebas dari masalah untuk posisi 5, diikuti oleh Dani Sordo (yang mengalami masalah dengan girboks), dan Martin Prokop. 3 pembalap kategori WRC-2 melengkapi 10 besar. Yuriy Protasov unggul dari Nasser Al-Attiyah dan Nicholas Fuchs memberikan sedikit senyum bagi publik Meksiko.
Oke, ini dia kronologi kecelakaannya #TiTanak:
Kalo diperhatikan baik-baik, Tanak salah menegosiasikan tikungan cepat dengan terlalu cepat memasuki fast chicane yang berujung terjun bebas ke danau. Oke, tau kan maksudku pake nama #TiTanak?
Tanak dan Raigo Molder dengan cepat menyelamatkan diri. Oke, lain kali pacenotes-nya dilaminating aja....
Sembari menunggu mobilnya kembali, Tanak dan M-Sport melakukan investigasi terhadap kecelakaan tersebut. Ehm, kamu khawatir dengan mobilmu atau boneka bebekmu, Ott?
...dan Malcolm Wilson tahu hukuman yang pas.
...dan juga menunggu pacenotes dikeringkan.
Gak ada yang bisa kalahkan beras soal penyerapan air...
Fiesta RS WRC milik Tanak sudah sampai di service park. Secara kelihatan hanya rusak di kaca depan dan suspensi tapi yang menjadi masalah adalah genangan air yang bisa merusaki seisi mobil.
MULAI..! Overnight Service mempunyai jatah waktu 3 jam, tapi tetap sulit dengan kerusakan seperti ini.
Bau....
Setidaknya bebeknya Tanak selamat. Mungkin dia lelah.
pasang stiker....
Inilah yang membuat M-Sport tetap disegani di WRC. DEDIKASI. 30 menit tersisa dan mesin dijalankan....IT WORKS...!
6 menit...bersih-bersih....
WELL DONE...! Mobil sudah OK, dan siap untuk Hari ketiga
2015 Rally Mexico: Overall standings after Stage 10 (Top 10):
1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 1h 45m 03.0s M
2. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +0m 13.5s M
3. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +0m 29.5s M
4. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +0m 45.2s M
5. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +1m 03.9s M
6. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +1m 40.6s M
7. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +2m 03.5s M
8. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +4m 32.4s WRC2
9. Nasser Al-Attiyah Ford Fiesta RRC +4m 46.9s WRC2
10. Nicolas Fuchs Ford Fiesta R5 +6m 30.8s WRC2
Other(s):
11. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +7m 04.1s WRC2
WRC2 standings after Stage 10 (Top 3):
1. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC 1h 49m 35.4s WRC2
2. Nasser Al-Attiyah Ford Fiesta RRC +0m 14.5s WRC2
3. Nicolas Fuchs Ford Fiesta R5 +1m 58.4s WRC2
Notable retirements:
SS3. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Went off M
SS4. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC Went off M
SS4. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC Suspension damage M
SS4. Robert Kubica RK WRT Ford Fiesta RS WRC Stopped M
SS8. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC Rolled M
SS8. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Stopped M
SS8/9. Benito Guerra Jr. Ford Fiesta RS WRC Stopped
M denotes Manufacturer entry
Hari pertama...ehm, dengan hari kedua Reli Meksiko baru saja selesai tadi pagi, bisa dibilang banyak sekali aksi (dan 1 momen mendebarkan) yang terjadi. Apa saja itu? Ini dia:
2 SS pertama di malam hari berlangsung dengan normal, SS3, SS gravel pertama, adalah tempat dimana semuanya menjadi serba salah. Itu semua dimulai dengan Ott #TiTanak terjun bebas ke danau di SS3, menyebabkan chaos di seisi paddock. Untungnya, Tanak dan navigator Raigo Molder OK, tapi baru 10 jam kemudian Ford Fiesta WRC-nya dikeluarkan dari genangan air dan untungnya, mobilnya dapat diperbaiki dan siap untuk beraksi lagi lewat regulasi Rally-2. (Kronologi Foto-fotonya akan menyusul).
SS4 di El Chocolate, dan kali ini memakan 3 "korban" sekaligus, yaitu Kris Meeke, Hayden Paddon, dan...ya, kamu tahu lah siapa, Robert Kubica. Penyebabnya?
- Meeke kecelakaan HANYA 1.5km dari garis start
- 1.5+1.5 km buat Paddon untuk merusak suspensinya
- Kubica? 18km, dia stop, dan menghilang...eh tau-taunya udah di service park
Di sisi lain, Sebastien Ogier kabur dan memimpin dengan selisih 13.5 detik dari rekannya Jari-Matti Latvala, yang cukup beruntung meraih posisi kedua setelah Neuville kandas. Mads Ostberg menjaga kans Citroen untuk podium pertama musim ini, dikuntit oleh Andreas Mikkelsen. Rekan setim Tanak, Elfyn Evans masih bebas dari masalah untuk posisi 5, diikuti oleh Dani Sordo (yang mengalami masalah dengan girboks), dan Martin Prokop. 3 pembalap kategori WRC-2 melengkapi 10 besar. Yuriy Protasov unggul dari Nasser Al-Attiyah dan Nicholas Fuchs memberikan sedikit senyum bagi publik Meksiko.
Oke, ini dia kronologi kecelakaannya #TiTanak:
Kalo diperhatikan baik-baik, Tanak salah menegosiasikan tikungan cepat dengan terlalu cepat memasuki fast chicane yang berujung terjun bebas ke danau. Oke, tau kan maksudku pake nama #TiTanak?
Tanak dan Raigo Molder dengan cepat menyelamatkan diri. Oke, lain kali pacenotes-nya dilaminating aja....
Sembari menunggu mobilnya kembali, Tanak dan M-Sport melakukan investigasi terhadap kecelakaan tersebut. Ehm, kamu khawatir dengan mobilmu atau boneka bebekmu, Ott?
...dan Malcolm Wilson tahu hukuman yang pas.
...dan juga menunggu pacenotes dikeringkan.
Gak ada yang bisa kalahkan beras soal penyerapan air...
Fiesta RS WRC milik Tanak sudah sampai di service park. Secara kelihatan hanya rusak di kaca depan dan suspensi tapi yang menjadi masalah adalah genangan air yang bisa merusaki seisi mobil.
MULAI..! Overnight Service mempunyai jatah waktu 3 jam, tapi tetap sulit dengan kerusakan seperti ini.
Bau....
Setidaknya bebeknya Tanak selamat. Mungkin dia lelah.
pasang stiker....
Inilah yang membuat M-Sport tetap disegani di WRC. DEDIKASI. 30 menit tersisa dan mesin dijalankan....IT WORKS...!
6 menit...bersih-bersih....
WELL DONE...! Mobil sudah OK, dan siap untuk Hari ketiga
2015 Rally Mexico: Overall standings after Stage 10 (Top 10):
1. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC 1h 45m 03.0s M
2. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC +0m 13.5s M
3. Mads Ostberg Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +0m 29.5s M
4. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +0m 45.2s M
5. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +1m 03.9s M
6. Dani Sordo Hyundai Motorsport i20 WRC +1m 40.6s M
7. Martin Prokop Jipocar Czech National Team Ford Fiesta RS WRC +2m 03.5s M
8. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC +4m 32.4s WRC2
9. Nasser Al-Attiyah Ford Fiesta RRC +4m 46.9s WRC2
10. Nicolas Fuchs Ford Fiesta R5 +6m 30.8s WRC2
Other(s):
11. Jari Ketomaa Ford Fiesta R5 +7m 04.1s WRC2
WRC2 standings after Stage 10 (Top 3):
1. Yuriy Protasov Ford Fiesta RRC 1h 49m 35.4s WRC2
2. Nasser Al-Attiyah Ford Fiesta RRC +0m 14.5s WRC2
3. Nicolas Fuchs Ford Fiesta R5 +1m 58.4s WRC2
Notable retirements:
SS3. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC Went off M
SS4. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC Went off M
SS4. Hayden Paddon Hyundai Motorsport N i20 WRC Suspension damage M
SS4. Robert Kubica RK WRT Ford Fiesta RS WRC Stopped M
SS8. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC Rolled M
SS8. Lorenzo Bertelli Ford Fiesta RS WRC Stopped M
SS8/9. Benito Guerra Jr. Ford Fiesta RS WRC Stopped
M denotes Manufacturer entry
Thursday, 5 March 2015
#preview: WRC Rally Meksiko 2015
Halo...!
Setelah sebulan nganggur, akhirnya sirkus WRC kembali hadir, kali ini di pegunungan Meksiko, yang akan menggelar seri gravel pertama musim ini. Membawa mobil reli dengan kecepatan yang tinggi selalu menantang, tapi Meksiko, lain dari yang lain. Apa alasannya? Ini dia:
The Challenge
Gravel, adalah surface yang paling umum di dunia reli, dan tidak seperti Australia atau Finlandia, tipikal gravel di Meksiko tergolong biasa. Nah apa yang membuat Rally Meksiko menjadi salah satu yang tersulit? KETINGGIAN. Reli ini digelar di sekitaran pegunungan Leon, Guanajuato dan Silao, dan dengan ketinggian sekitar 2800 meter di atas permukaan laut, berarti kekurangan oksigen yang menyebabkan mesin kehilangan tenaga sebesar 20%, dan juga menyiksa pembalap dan navigator. Jika beberapa tim sepakbola Amerika Selatan yang markasanya berada di pegunungan sudah beradaptasi dengan hal semacam ini, berarti para pembalapnya juga punya keunggulan yang sama...Begitukah Benito Guerra?
Sisanya, semua SS masih sama dengan yang digunakan musim lalu, dengan menambahkan 1 SS baru. Ya, itu saja. Oh iya, 3 SS nanti akan ditayangkan secara LIVE, yaitu:
Attention Please..!
2 Reli, 2 kemenangan. Sebastien Ogier dengan nyamannya berada di tempat teratas di klasemen. Yang jadi masalah adalah, apakah Jari-Matti Latvala mampu mengalahkannya? Atau siapapun? Kita masih ingat kalau Ogier sempat terjungkal di SS9, dan gak lama kemudian si SS10 giliran Latvala yang nyungsep di tumpukan salju. Jika saja dia mengetahui kalo Ogier ada masalah, tentunya dia akan main aman, ketimbang main flat-out. Sayangnya, itu sudah dilarang tahun ini, jadi, ya, tampil semaksimal mungkin.
VW no problemo, Citroen kalang kabut. Ya, belum meraih satu podium pun membuat Kris Meeke dan Mads Ostberg tidak ingin melakukan kesalahan fatal di Swedia bulan lalu. Sementara itu Hyundai mencoba untuk unggul dari mereka dengan kembalinya Dani Sordo, dan mesin baru, dimana sistem injeksi diperbarui untuk mengkompensasikan kehilangan tenaga sebesar 20% (buat Hyundai malah 30%). Meksiko adalah tempat dimana mereka meraih podium pertama mereka, bahkan sejak eranya Hyundai Accent, jadi jelas, mereka ingin lagi, bahkan mungkin kemenangan? I Don't know. M-Sport? Ya, mereka adalah tim yang tersantai sejauh ini, tapi konsistensi mereka membuat M-Sport tetap diwaspadai, yang kali ini kedatangan bintang tamu, Benito Guerra yang akan membalap di tanah kelahirannya.
Sementara itu di kategori WRC-2, duo Qatar akan saling berhadapan untuk pertama kali sejak Italia musim lalu, yakni Juara dunia WRC-2 2014, Nasser Al-Attiyah dan runner-up WRC-2 2013, Abdulaziz Al Kuwari, keduanya akan memakai Ford Fiesta RRC, dan keduanya juga akan didampingi navigator baru, yaitu:
Kategori WRC-3 dan Junior WRC akan absen di Meksiko.
Setelah sebulan nganggur, akhirnya sirkus WRC kembali hadir, kali ini di pegunungan Meksiko, yang akan menggelar seri gravel pertama musim ini. Membawa mobil reli dengan kecepatan yang tinggi selalu menantang, tapi Meksiko, lain dari yang lain. Apa alasannya? Ini dia:
The Challenge
Gravel, adalah surface yang paling umum di dunia reli, dan tidak seperti Australia atau Finlandia, tipikal gravel di Meksiko tergolong biasa. Nah apa yang membuat Rally Meksiko menjadi salah satu yang tersulit? KETINGGIAN. Reli ini digelar di sekitaran pegunungan Leon, Guanajuato dan Silao, dan dengan ketinggian sekitar 2800 meter di atas permukaan laut, berarti kekurangan oksigen yang menyebabkan mesin kehilangan tenaga sebesar 20%, dan juga menyiksa pembalap dan navigator. Jika beberapa tim sepakbola Amerika Selatan yang markasanya berada di pegunungan sudah beradaptasi dengan hal semacam ini, berarti para pembalapnya juga punya keunggulan yang sama...Begitukah Benito Guerra?
Sisanya, semua SS masih sama dengan yang digunakan musim lalu, dengan menambahkan 1 SS baru. Ya, itu saja. Oh iya, 3 SS nanti akan ditayangkan secara LIVE, yaitu:
- DAY 1 SS1 (Guanajuato): Kamis, 5 Maret 19:09 waktu setempat / Jumat, 6 Maret 08:09 WIB
- DAY 3 SS13 (El Brinco 1): Sabtu, 7 Maret 12:08 waktu setempat / Minggu, 8 Maret 01:08 WIB
- DAY 4 SS21 (El Brinco 3, power stage): Minggu, 8 Maret 12:08 waktu setempat / Senin, 9 Maret 01:08 WIB
Attention Please..!
Reli di kampung halaman...but first, let me TAKE A SELFIE |
2 Reli, 2 kemenangan. Sebastien Ogier dengan nyamannya berada di tempat teratas di klasemen. Yang jadi masalah adalah, apakah Jari-Matti Latvala mampu mengalahkannya? Atau siapapun? Kita masih ingat kalau Ogier sempat terjungkal di SS9, dan gak lama kemudian si SS10 giliran Latvala yang nyungsep di tumpukan salju. Jika saja dia mengetahui kalo Ogier ada masalah, tentunya dia akan main aman, ketimbang main flat-out. Sayangnya, itu sudah dilarang tahun ini, jadi, ya, tampil semaksimal mungkin.
VW no problemo, Citroen kalang kabut. Ya, belum meraih satu podium pun membuat Kris Meeke dan Mads Ostberg tidak ingin melakukan kesalahan fatal di Swedia bulan lalu. Sementara itu Hyundai mencoba untuk unggul dari mereka dengan kembalinya Dani Sordo, dan mesin baru, dimana sistem injeksi diperbarui untuk mengkompensasikan kehilangan tenaga sebesar 20% (buat Hyundai malah 30%). Meksiko adalah tempat dimana mereka meraih podium pertama mereka, bahkan sejak eranya Hyundai Accent, jadi jelas, mereka ingin lagi, bahkan mungkin kemenangan? I Don't know. M-Sport? Ya, mereka adalah tim yang tersantai sejauh ini, tapi konsistensi mereka membuat M-Sport tetap diwaspadai, yang kali ini kedatangan bintang tamu, Benito Guerra yang akan membalap di tanah kelahirannya.
Sementara itu di kategori WRC-2, duo Qatar akan saling berhadapan untuk pertama kali sejak Italia musim lalu, yakni Juara dunia WRC-2 2014, Nasser Al-Attiyah dan runner-up WRC-2 2013, Abdulaziz Al Kuwari, keduanya akan memakai Ford Fiesta RRC, dan keduanya juga akan didampingi navigator baru, yaitu:
- Navigator Inggris, Marshall Clarke akan menemani Al Kuwari, menggantikan Killian Duffy dari Irlandia
- Di kubu Al-Attiyah, Matthieu Baumel asal Prancis akan menggantikan Giovanni Bernacchini asal Italia.
Kategori WRC-3 dan Junior WRC akan absen di Meksiko.